Categories

Membangun Potensi Lahan di Jakarta Timur dengan Bantuan Inovasi Infrastruktur


    Jakarta Timur merupakan Kota Administrasi yang memiliki wilayah paling luas serta memiliki berbagai keunikan. Dengan luasnya Kota Administrasi Jakarta Timur, maka sangat mungkin untuk dikembangkan, dengan bantuan inovasi infrastruktur tata kota di daerah Jakarta Timur bisa menjadi lebih baik sehingga ke depannya Kota Administrasi Jakarta Timur dapat bersaing dengan kota-kota lain di Indonesia. 


       Ada banyak sekali lokasi yang menjadi potensi di wilayah ini, contohnya kawasan Jatinegara, Kramat Jati, Pulogadung dan lain sebagainya. Namun dari beberapa lokasi yang potensial tersebut ada banyak sekali masalah-masalah seperti masalah tata kota yang kurang teratur, misal adanya rumah yang tidak memiliki izin mendirikan bangunan, rumah-rumah yang saling berhimpitan sehingga membuat lahan semakin sempit dan terlihat kumuh. Selain itu, ada banyak sekali fasilitas umum yang tidak terawat, rusak, hilang sehingga membuat keadaan semakin tidak nyaman, belum lagi saat musim penghujan, banyak sekali daerah yang rawan terkena banjir sehingga membuat hidup disekitar sini menjadi tidak nyaman.




       Untuk itulah pemprov DKI Jakarta harus bisa berdampingan atau berkoordinasi dengan Balitbang untuk membenahi tata kota di Jakarta Timur ini, supaya lahan yang memiliki potensial tinggi dapat digunakan sehingga tata kota menjadi lebih efisien dan efektif. Dengan adanya inovasi infrastruktur, sangat dimungkinkan untuk terciptanya suasana yang nyaman dan kondusif di daerah yang sekarang ini masih sangat kumuh dan semrawut. Berikut adalah program-program yang harus dikerjakan pemprov DKI Jakarta agar daerah di Jakarta Timur semakin indah dan nyaman :


1. Melakukan razia rumah liar (rumah yang tidak memiliki izin)
2. Melakukan penataan ulang lokasi rumah-rumah di daerah yang kumuh
3. Memperbaiki fasilitas umum yang ada
4. Merawat fasilitas umum yang ada
5. Membersihkan kawasan di sekitar sungai dan kali
6. Memperbaiki jalanan yang rusak dan berlubang
7. Membuat ruang terbuka hijau
8. Membuat area parkir di titik tertentu
9. Memperbaiki lalu lintas pintu air supaya tidak terjadi banjir
10. dan lain sebagainya


     Ada banyak hal yang perlu dilakukan pemprov DKI Jakarta untuk menciptakan lingkungan yang indah dan nyaman. Selain dari pemprov, masyarakat juga harus ikut serta dalam pembenahan kawasan di daerah Jakarta Timur, karena yang menentukan keberhasilan dalam program untuk mengubah Jakarta Timur lebih indah lagi adalah masyarakat itu sendiri.


      Inovasi infrastruktur pun dapat dilakukan oleh Balitbang untuk memperbaiki muka Jakarta Timur. Pertama-tama Balitbang harus melakukan tahap perencanaan tata kota di Jakarta Timur, tahap perencanaan ini meliputi tata letak rumah, kantor, sekolah , dan bangunan lainnya supaya lebih rapih dan dapat mengurangi titik kemacetan, selain itu dapat juga untuk memudahkan akses ke angkutan umum. Selain itu, Balitbang juga harus mendesain bangunan-bangunan supaya terlihat lebih indah.

        Setelah tahap perencanaan, saatnya tahap pelaksanaan, tantangan terberat saat ini adalah tahap pelaksanaan, mungkin butuh waktu beberapa tahun untuk menyiapkan semua peralatan, izin-izin, dan kesukarelaan dari masyarakat. Tentunya apabila sudah selesai dilaksanakan, lahan-lahan potensial di Jakarta Timur pasti akan bisa digunakan dengan efektif, sehingga kita bisa hidup dengan tenang dan nyaman.


Sumber gambar : Google Images

1 komentar:

  1. Salam kenal Pak, saling sapa dan kenal antar Peserta Kompetisi Blogging Balitbang PUPR. hehe

    BalasHapus